Breaking News

Info Harga Vaksin Kucing Terbaru

Vaksin kucing
Vaksin kucing | Saat kamu mulai tertarik untuk memelihara atau mengadopsi kucing, maka kamu harus memberikan perawatan yang optimal kepada kucing tersebut. Salah satu perawatan yang dibutuhkan oleh si kucing ialah Vaksinasi.

Vaksinasi diberikan kepada kucing dengan tujuan untuk melatih sistem imut pada kucing tersebut agar terhindar dari berbagai virus yang penyerangannya cukup berbahaya.

Terdapat beberapa jenis vaksin yang bisa diberikan kepada kucing. Untuk mengetahui jenis-jenisnya, kami telah merangkum beberapa daftar vaksin dibawah ini.

Jenis Vaksin Kucing Dasar

Vaksinasi sangat penting diberikan pada hewan peliharaan supaya proses perawatannya berjalan dengan mulus.

Pada dasarnya pemberian vaksin ditentukan dari keadaan kucing tersebut, namun ada beberapa jenis vaksin dasar yang harus diberikan kepada kucing dengan tujuan supaya kucing tersebut memiliki imunitas yang tinggi

Jenis vaksin dasar tersebut antara lain :

Vaksin Distemper/Tetracat

Vaksin yang satu ini sangat dibutuhkan untuk menyangkal serangan virus panleukopenia yang dapat menyebabkan kucing yang terjangkit terinfeksi.

Virus tersebut sangat berbahaya dalam dunia perkucingngan dan jika kucing kesayananmu terjangkin maka akan menyebabkan gejala yang lebih parah dari infeksi hingga kucing tersebut meninggal dunia.

Vaksin Herpes dan calicivirus

Kedua jenis vaksin tersebu diberikan kepada kucng secara dikombinasikan dan bertujuan untuk mengantisifasi terjadinya inveksi pada saluran pernafasan si kucing sehingga menimbulkan geala Flu pada kucing.

Flu tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi penyerangan dari dua jenis virus yakni FVH-1 (feline herpes virus) dan FCV (feline calicivirus).

Vaksin Rabies

Sesuai dengan namanya, Vaksin rabies ini bertujuan untuk menghindari kucing mengalami rabies. 

Mungkin banyak diantara kalian yang menyangka bahwa yang bisa mengalami rabies hanyalah anjing saja, tapi nytanya kucing juga bisa rabies.

Itusebabnya kucing yang masih berusia 20 minggu sangat dianjurkan diberi jenis vaksin ini.

Seperti yang kita ketahui, rabbies sangat berbahaya dan dapat menular terhadap siapa saja. Maka dengan begitu, kamu harus tetap memperhatikan kesehatannya dengan cara meberikan vaksin rabies pada kucing kesayangan anda.

Jenis Jenis Vaksin Kucing Lainnya

Selain vaksinasi dasar, terkadang kucing juga memerlukan vaksinasi lain yang sesuai dengan jenis vaksin rekomendasi dari dokter.

Jenis vaksin rekomendasi tersebut ialah :
  1. Bordetella, merupakan vaksin kucing yang bertujuan untuk mencegah infeksi bakteri terhadap kucing yang dapat menyerang sistem pernapasan atas. gejala yang sering ditimbulkan biasanya berupa bersin dan belekan.
  2. FIP, vaksin yang satu ini dapat mencegah mutasi virus corona pada hewan peliharaan terutama kucing. Tidak seperti Covid pada manusia, virus corona pada kucing justru tidak berbahaya, namun dapat dengan mudah menular dari kucing ke kucing.
  3. FIV, jenis vaksin ini dapat dapat mengantisipasi munculnya penyakit yang berhubungan dengan immunidefisiensi.
  4. Klamidia, merupakan vaksin yang dapat meminimalisir infeksi bakteri yang menyebabkan konjungtivitis pada kucing dan infeksi saluran pernapasan atas.

Harga Vaksin Kucing Terbaru

Harga vaksin kucing
Harga/Biaya Vaksin kucing
Untuk memudahkan kamu saat menyiapkan budget untuk melakukan pemberian vaksin kepada kucing kesayanganmu, berikut ini kami uraikan kisaran daftar atau biaya vaksin kucing.
Usia Kucing  Jenis Vaksin  Biaya vaksinasi
8-10 Minggu Tricat Rp80.000 - Rp250.000
8-10 Minggu Tetracat Rp80.000 - Rp250.000
12-14 Minggu  Tricat Rp170.000 - Rp250.000
12-14 Minggu Tetracat Rp180.000 - Rp210.000
6 Bulan Tricat Rp100.000 - Rp250.000
6 Bulan Tetracat Rp180.000 - Rp210.000

Daftar Harga atau biaya vaksin yang kami rangkum diatas kami kutip dari beberapa sumber dan bisa sewaktu-waktu berubah.

Harga vaksinasi kucing biasanya berbeda beda dari masing-masing wilayah, namun pada dasarnya tidak jauh berbeda dari harga yang kami rangkum diatas.

Beberapa Pertanyaan Seputar Vaksin Kucing

Dibawah ini telah kami rangkumbeberapa FAQ yang sering ditanyakan, kami sertakan juga jawabannya agar dapat menjawab pertanyaan dan rasa penasaran anda.

Kapan waktu vaksin kucing?

Vaksin dapat diberikan pada kitten dari umur 6 mingguan. Vaksin wajib diberikan setiap 3-4 minggu sekali hingga kitten berumur 4 bulan.

Berapa biaya vaksin kucing?

Harga vaksin tahap pertama mulai dari Rp80.000 – Rp200.000 tergantung pada jenis obat yang diberikan.

Berapa kali suntik vaksin untuk kucing?

Untuk kitten yang berusia sekitar 6-8 minggu, dokter hewan dapat mulai memberikan serangkaian vaksin pada interval tiga hingga empat minggu sampai anak kucing berusia 3 bulan. Sedangkan untuk kucing dewasa kucing dewasa dapat divaksinasi ulang setiap tahun atau setiap tiga tahun sekali.

Apa efek samping vaksin kucing?

Efek samping vaksinasi terhadap kucing sebetulnya tidak ada atau insiden yang jarang terjadi. Namun jika kucing Anda memperlihatkan prilaku atau reaksi alergi, segera periksakan ia ke dokter hewan.

Demikianlah informasi mengenai harga vaksin kucing dan informasi menarik lainnya yang kamu butuhkan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat

0 Komentar

© Copyright 2022 - Windigo